Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Benar

Tips Cara Menggunakan Kartu Kredit Dengan Benar

Cara menggunakan kartu kredit

Seiring perkembangan jaman, permintaan terhadap kartu kredit pun terus meningkat, apalagi di kota besar. Bagaimana tidak, ketika bepergian Anda tidak perlu membayar dengan uang cash, cukup gesek kartu kredit Anda sehabis makan-makan bersama rekan kantor, berbelanja di pasar swalayan, atau membeli barang elektroni dan semuanya beres. Tapi tentu sebagai pengguna credit card, Anda wajib mengontrol penggunaan kartu kredit Anda tersebut. Karena bagaimanapun juga, menggunakan kartu kredit sama saja seperti berhutang yaitu langsung dapat menikamati manfaatnya hari ini, namun wajib membayar dibulan berikutnya. Oleh karena itu idealnya seseorang boleh memiliki dan menggunakan kartu kredit jika ia benar-benar membutuhkannya dan sudah mengerti benar cara menggunakannya. Simak baik-baik cara menggunakan kartu kredit dengan benar dan bijak berikut ini.

Apa saja keuntungan memakai kartu kredit? Dengan memiliki kartu kredit, Anda tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang besar. Membayar transaksi belanja menjadi lebih praktis karena hanya cukup dengan satu gesekan saja, hal ini tentu dapat mengurangi resiko Anda memperoleh uang palsu. Jika Anda pandai menggunakan kartu kredit, tepat waktu dalam membayar tagihan dan tidak terbelit hutang, Anda juga berkesempatan memperoleh point reward, tapi tentunya sesuai dengan program yang berlaku. Dan dengan menggunakan kartu kredit, Anda juga dapat membeli barang dengan pembayaran yang dicicil. Menarik bukan?

Bagaimana cara memilih kartu kredit yang tepat? Simak tips memilih kartu kredit berikut ini. Sebaiknya pilihlah bank/penerbit kartu kredit yang memiliki nama besar, karena mereka tentu sudah lebih berpengalaman, dapat dipercaya, dan mungkin memliki kinerja yang lebih profesional. Cari tau kualitas pelayanan yang diberikan (seperti pelayanan call centernya) serta bagaimana kepuasan pelanggannya. Pastikan nantinya Anda akan dilayani dengan pelayanan terbaik. Pelajari baik-baik ketentuan pada aplikasi permohonan kartu kredit baik mengenai suku bunga, biaya, dan besar pembayaran minimum. Pilih juga bank/penerbit credit card yang memberi banyak kelebihan dengan biaya kartu terminim.

Apa yang perlu dilakukan saat menerima kartu kredit yang baru saja dibuat? Tips aman saat menerima kartu kredit diantaranya ialah pastikan kartu yang Anda terima itu dikirim langsung oleh bank/penerbit kartu kredit dan berada dalam amplop tertutup. Segera tandatangai kartu kredit Anda tersebut. Jika sudah diberikan PIN, sebaiknya segera ganti PIN tersebut dengan kode kombinasi angka milik Anda sendiri. Biasanya tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit ada dipertengahan bulan. Anda dapat menyesuaikan tanggal jatuh tempo dengan keuangan diri Anda, misalnya jatuh tempo diganti menjadi setiap akhir bulan. Sehingga begitu menerima gaji, Anda dapat segera membayar lunas tagihan tiap bulannya. Hal ini akan menghindarkan Anda dari tumpukan hutang.

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak dan amanBagaimana cara aman memakai kartu kredit? Simak tips aman memakai kartu kredit berikut ini. Sebaiknya jangan pernah pinjamkan kartu kredit Anda kepada orang lain. Hanya Anda yang boleh memakainya dan jaga kerahasian informasi pribadi mengenai kartu kredit Anda, seperti PIN, masa berlaku, limit kartu kredit, dll. Buatlah daftar barang belanjaan yang memang Anda butuhkan dan akan segera Anda beli. Hal ini baik untuk menekan prilaku konsumtif/boros bagi pemegang kartu kredit. Saat membayar dengan credit card, cek baik-baik jumlah transaksi pada sales draft, pastikan jumlahnya sama dengan jumlah transaksi yang sebenarnya. Perhatikan juga bahwa petugas hanya satu kali menggesek kartu Anda untuk setiap transaksi. Simpanlah credit card Anda beserta draft trasaksi (sebagai arsip) ditempat yang aman. Saat Anda akan melakukan transaksi online, pastikan situs/orang yang akan bertransaksi dengan Anda terpercaya dan aman bagi Anda. Agar tagihan tidak membengkak, catat setiap pengeluaran Anda agar dapat disesuaikan dengan anggaran bulanan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Apa saja hal penting saat memiliki kartu kredit? Beberapa hal penting yang perlu Anda lakukan dan perhatikan setelah memiliki kartu kredit ialah sebagai berikut. Biasakanlah untuk mengumpulkan struk belanja yang dibayar menggunakan kartu kredit, hal ini penting sebagai barang bukti ketika lembar tagihan berbeda dengan jumlah belanjaan Anda. Biasakan untuk selalu membayar biaya tagihan tepat pada waktunya untuk menghindari bunga akibat Anda telat membayar. Bila Anda merasa binggung mengenai apapun yang berhubungan dengan credit card Anda, segera saja hubungi call center untuk memperoleh penjelasan.

Lalu apa saja tips aman saat menerima tagihan kartu kredit? Buka kembali arsip struk pembelanjaan Anda, cocokanlah dengan jumlah tagihan yang diberikan kepada Anda. Pastikan jumlahnya sama. Jika ternyata jumlahnya berbeda, segera laporkan ke bank/penerbit kartu kredit Anda. Pengaduan hanya berlaku 45 hari sejak tanggal tagihan, lebih dari itu penerbit akan menganggap jumlah tagihan Anda telah sesuai dan Anda wajib membayarnya. Biasakan untuk membayar lunas tagihan jauh-jauh hari sebelum batas jatuh tempo tiba. Itulah cara menggunakan kartu kredit dengan benar dan dengan bijak, agar dengan adanya kartu kredit dapat menjadi alat bantu dan bukan menjadi sumber masalah dalam kehidupan Anda. Punya cerita seru seputar kartu kredit? Mari bagikan cerita dan pengalaman Anda di kolom komentar. Terimakasih.