Tips Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

tips cerdas mengatur keuangan pribadi

Tips Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi – Bagi sebagian orang mengatur keuangan pribadi mereka merupakan hal yang sulit untuk dilakukan, mereka tidak bisa mengetahui berapa besar pengeluaran yang sebenarnya merek keluarkan per bulannya. Maka dari itu kebanyakan orang merasa sangat boros dan tidak bisa menabung, padahal mereka juga tidak tahu uang mereka habis untuk dibelanjakan apa. Terkaxang memang sulit dan malas untuk mengatur keuangan pribadi kita, namun untuk kebaikan kita semua ada baiknya kita mulai mengatur keuangan pribadi kita sedini mungkin.

Pada kesempatan yang lalu Omah Tips telah membagikan beberapa tips jalan-jalan di kota jakarta, pada kesempatan kali ini Omah Tips ingin berbagi mengenai tips cerdas mengatur keuangan pribadi Anda sekalian.

TIPS CERDAS MENGATUR KEUANGAN PRIBADI

Mengatur keuangan Anda memang merupakan suatu pilihan, ada yang tertarik untuk membuatnya, ada pula yang cuek. Namun mau sampai kapan Anda cuek dan tidak memperhatikan pengeluaran Anda? Tentunya Anda tidak mau gaji bulanan Anda akan habis tanpa sisa bukan? Maka dari itu, simak tips cerdas mengatur keuangan pribadi berikut ini :
Tips cerdas mengatur keuangan pribadi yang pertama ialah tetapka tujuan Anda. Dengan menetapkan tujuan, Anda bisa lebih mengontrol pengeluaran karena berfikir harus mencapai tujuan Anda tersebut, misalkan Anda menetapkan tujuan untuk membeli rumah, atau ingin investasi emas, atau membeli mobil, atau jalan-jalan ke luar negri. Tujuan tersebut harus ada dikepala Anda setiap saat untuk menghentikan keinginan berbelanja Anda yang mungkin tidak bisa dihentikan.
Tips cerdas mengatur keuangan pribadi yang kedua ialah catat pengeluaran rutin Anda. Dengan mencatat pengeluaran rutin Anda tiap bulannya, Anda akan mengetahui sisa uang yang harusnya ada ditabungan Anda, baru setelah melunasi semuanya itu (misalnya kebutuhan bulanan, fitnes, uang sewa kos atau kontrakan) Anda bisa menyisihkan sebagiannya untuk ditabungkan. Sebaiknya Anda mengambil uang yang untuk ditabungkan diawal sehingga memang benar-benar tidak digunakan dan jumlahnya tetap.
Tips cerdas mengatur keuangan pribadi yang ketiga menabunglah disaat Anda mendapatkan gaji Anda. Kebanyakan orang akan menabung atau menyisihkan uangnya diakhir, saat uang sudah habis dibelanjakan untuk keinginan pribadi Anda. Seharusnya Anda tabungkan saat Anda menerima gaji Anda. Misalkan gaji Anda 5 juta, maka Anda sisihkan atau pisahkan 1 juta untuk ditabung, baru setelah itu bisa Anda lunasi tagihan-tagihan Anda.
Tips cerdas mengatur keuangan pribadi Anda yang keempat ialah tekan dan jauhi yang namanya diskon dan promo lainnya. Nah, poin ini juga penting. Jika Anda ke mall maka jauhi tempat-tempat dengan aneka diskon yang ditawarkan. Karena jika melihat promo atau diskon biasanaya kita jadi tidak terkendali karena penawaran tang ditawarkan biasanya menarik dan memaksa kita untuk membeli banyak.
Tips cerdas mengatur keuangan pribadi Anda yang kelima ialah bedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Poin yang kelima ini juga sangat penting. Anda harua lebih mengutamakan kebutuhan dibanding dengan keinginan Anda. Keinginan Anda belum tentu yang Anda butuhkan. Misalkan Anda ingin tas baru,sepatu atau monil baru, padahal Anda sudah memiliki itu semua dan semuanya masih bagus, tapi Anda ingin membeli dan membeli terus. Maka tahan lah dan keluarkan uang untuk kebutuhan Anda.
Demikian tadi beberapa tips yang bisa jeng admin bagi untuk Anda sekalian. Apakah Anda merasa kesulitan dalam mengatur keuangan Anda? Apakah Anda memiliki cara lainnya? Bagikan cara Anda sekalian di kolom komentar dibawah artikel ini yuk, supaya bisa membantu yang lainnya juga. Terimakasih.