Tips Dan Panduan Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

Tips Dan Panduan Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula

Memilih Kamera DSLR Untuk Pemula
Tips Dan Panduan Memilih Kamera DSLR

Tips Dan Panduan Memilih Kamera DSLR – Kamera menjadi sangat populer saat ini dan ada banyak pula jenis dan tipe kamera yang berkembang yang memiliki teknologi yang semakin canggih dan membuat sebagian orang yang memiliki hobi fotografi berminat membelinya. Beberapa tipe kamera yang saat ini berkembang dan ada dipasaran antara lain kamera poket, kamrea SLR dan kamera DSLR. Bagi Anda pecinta fotografi pasti sudah tidak asing mendengar kamera tipe yang satu ini, ya kamera DSLR. Kamera DSLR atau Digital Single Lans Reflex merupakan kamera yang biasa dimiliki oleh fotografer-fotografer handal karena kecanggihan dan kesempurnaannya dalam mengambil gambar. Bagi para pemula yang memiliki hobi fotografi juga sering mengincar kamera yang satu ini sebagai kamera andalan mereka saat memotret suatu objek. Bagi para fotografer handal mungkin sudah mahir dalam membeli dan memilih kamera DSLR ini sesuai kebutuhan yang mereka perlukan, namun bagaimana dengan para pemula? Bagi para pemula yang ingin membeli kamera DSLR perlu pengamatan dan pengetahuan yang luas tentang kamera DSLR itu sendiri.

Maka dari itu, kali ini kami ingin membantu memberikan informasi mengenai tips dan panduan memilih kamera DSLR bagi para pemula. Baca pula artikel mengenai Tips Membeli Laptop Bekas Atau Second Yang Berkualitas.

TIPS DAN PENDUAN MEMILIH KAMERA DSLR UNTUK PEMULA

Untuk membeli kamera DSLR memerlukan pertimbangan yang cukup jeli dan pengetahuan yang cukup mengenai fungsi dan kegunaan menu yang tersedia dalam sebuah kamera DSLR, untuk itu berikut panduan yang bisa digunakan ketika memilih kamera DSLR yang akan Anda beli :

Membeli Kamera DSLR
Panduan Membeli Kamera DSLR

Tips pertama memilih kamera DSLR ialah ketahui dan cari tahu informasi mengenai kamera DSLR seperti kelebihan, kekurangan dan kegunaan serta perkiraan harga yang ditawarkan para penjual kamera DSLR. Beberapa kelebihan sebuah kamera DSLR ialah :
  • Autofokus yang dimiliki lebih tinggi dan lebih cepat dibanding kamera lain.
  • Resolusi yang dimiliki lebih tinggi dan kualitas gambar yang didapat lebih bagus walaupun dalam kondisi gelap.
  • Dapat mengganti-ganti lensa kamera sesuai kebutuhan.
  • Dapat mengambil gambar secara berturut-turut.
Dan kekurangan kamera DSLR antara lain :
  • Ukurannya yang besar sehingga tidak praktis dan sulit dibawa kemana-mana.
  • Mengambil gambar dengan menggunakan kamera DSLR ini memerlukan teknik khusus dan tidak semudah menggambil gambar menggunakan kamera biasa.
Sedangkan harga yang ditawarkan untuk kamera DSLR lebih tinggi dibandingkan dengan harga kamera biasa yaitu sekitar 4 juta hingga 10 juta rupiah bahkan ada harga yang lebih tinggi yang ditawarkan para penjual. Semakin tinggi harga yang ditawarkan biasanya semakin canggih teknologi yang ditawarkan.
Panduan dalam memilih kamera DSLR yang kedua yaitu tetapkan pada satu merk kamera saja, jangan berganti-ganti merk kamera. Mengapa demikian? Karena pada kamera DSLR lensa yang akan Anda gunakan untuk mengambil gambar tidak bisa menggunakan lensa merk lain, misalnya Anda membeli kamera DSLR merk Canon maka lensa yang bisa digunakan pada kamera tersebut ialah lensa merk Canon juga dan tidak bisa menggunakan lensa merk lain. Sehingga jika Anda sudah membeli dan menetapkan satu merk kamera DSLR maka sebisa mungkin jangan Anda berganti pada merk yang lain karena akan sayang jika lensa yang telah Anda beli tidak bisa digunakan kembali.

Panduan Memilih Kamera DSLR
Tips Membeli Kamera DSLR

Memilih dan membeli kamera DSLR juga harus memperhatikan kemudahan menemukan service center yang disediakan perusahaan kamera tersebut apakah banyak terdapat service center di dekat tempat Anda tinggal atau Anda akan kesulitan mencari service center nya. Jika kesulitan maka lebih baik Anda mengurungkan niat Anda untuk membeli merk tersebut dan mencari merk lain yang memberikan kemudahan bagi Anda menemukan service center di sekitar Anda.

Membeli Dan Memilih Kamera DSLR
Memilih Dan Membeli Kamera DSLR

Panduan selanjutnya dalam membeli dan memilih kamera DSLR yaitu perhatikan dan ketahui resolusi kamera yang akan Anda beli, kamera DSLR memiliki resolusi paling tidak sebesar 12 megapixel dan semakin tinggi resolusinya maka semakin bagus pula kualitas gambar, dan semakin besar resolusi kamera Anda semakin besar pula ukuran gambar yang Anda dapatkan.
Anda pun perlu memperhatikan ISO sebelum memilih kamera DSLR, ISO merupakan tingkat sensitivitas kamera pada cahaya, semakin tinggi ISO nya maka semakin baik pula dalam mengambil gambar pada kondisi gelap. Setidaknya ISO pada kamera DSLR berada pada tingkat 6400.

Kamera DSLR Untuk Pemula
Membeli Kamera DSLR Untuk Pemula

Panduan dan tips memilih kamera DSLR yang selanjutnya ialah apakah kamera tersebut bisa berfungsi untuk mengambil video atau tidak. Pastikan pula resolusi saat mengambil video, memang menggunakan kamera DSLR untuk mengambil video akan menghasilkan video dengan kualitas gambar yang bagus namun pastinya memory video itu juga sangat besar, sehingga ketika keperluan Anda ialah mengambil video jangan lupa untuk selalu membawa memori cadangan.

Tips Memilih Dan Membeli Kamera DSLR
Tips Memilih Kamera DSLR

Tips membeli kamera DSLR selanjutnya yaitu pilih kamera DSLR yang sesuai dengan budget Anda. Hal ini merupakan hal yang penting, jangan terlalu memaksakan diri Anda apabila uang yang Anda miliki belum cukup, bertahanlah dan tunggulah hingga uang Anda cukup untuk membeli kamera DSLR yang lebih bagus, dengan kualitas yang lebih bagus pula daripada Anda memaksa membeli dengan harga yang sedikit lebih murah namun kualitas masih kurang bagus.

Panduan Membeli Kamera DSLR Bagi Pemula
Panduan Memilih Kamera DSLR

Itu tadi beberapa tips dan panduan memilih kamera DSLR bagi Anda para pemula. Semoga dapat membantu Anda mendapatkan kamera yang sesuai dengan keinginan Anda.