Tips Dapur Sehat Bagi Keluarga Anda

Tips Dapur Sehat Bagi Keluarga Anda

Tips menata dapur minimalis yang rapi, bersih, indah, dan sehat agar keluarga menjadi sehat

Seperti kita ketahui bersama, bahwa kondisi kesehatan tubuh dari tiap anggota keluarga Anda tak dapat dipisahkan dari tingkat kebersihan sebuah dapur di rumah Anda. Dari sebuah dapurlah beraneka macam hidangan makanan diolah dan dimasak. Oleh karena itu sangat penting jika sebaiknya setiap anggota keluarga minimal mengetahui poin-poin yang mungkin dapat dijadikan standar dari dapur yang bersih dan sehat. Untuk dapat menciptakan dapur bersih dan sehat seperti yang telah kita bicarakan, berikut ini kami berikan tips dapur sehat sebagai awal kesehatan keluarga Anda.

Bagian yang pertama ini, kami ingin meyoroti dari segi tata cara olahan makanan dan masakan di dapur. Pada umumnya masakan bersantan akan semakin nikmat untuk disantap jika sudah beberapa kali dipanaskan. Namun disini kami katakan dengan tegas untuk menghindari menghangatkan secara berkali-kali sayuran terutama sayur yang dimasak dengan santan. Hindari menghangatkan sayur atau lauk pauk dengan tempat makanan berbahan plastik. Contoh yang sering kita temui yaitu saat memasak lontong, lebih baik membungkus dengan daun yang alami dari pada menggunakan plastik bening transparant. Kandungan bahan kimia pada plastik memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Berikutnya, hindarilah memasak menggunakan minyak goreng yang telah dipakai berulang kali, apalagi yang sudah berwarna kecoklatan dan lebih-lebih disimpan pada wadah tanpa tutup. Jamur akan mudah tumbuh disitu, serta kandungan kolesterol pada minyak yang telah meningkat tentu akan membahayakan kesehatan tubuh anggota keluarga Anda. Selalu memerikasa bahan bahan makanan yang ada di lemari es. Buang bahan-bahan yang sudah tidak layak dikonsumsi. Saat memasak maupun mengolah makanan sebaiknya gunakan bahan alami untuk digunakan sebagai pewarna makanan. Berusaha pula untuk meracik bumbu dari bahan alami dari pada menggunakan penguat rasa(MsG) ataupun menggunakan bumbu-bumbu instan yang sekarang banyak dijual dipasaran. Selain jauh lebih sehat, racikan dari bumbu berbahan alami akan terasa lebih nikmat untuk disantap.

Bagian yang kedua, kami akan menyoroti dari segi perabotan yang ada di dapur. Biasakan untuk membersihkan lemari es secara teratur. Sebelum menyimpan sayur dan buah-buah dalam lemari es, biasakan pula untuk mencucinya dulu hingga benar-benar bersih. Jika memiliki dana yang cukup, tidak ada salahnya untuk menggunakan beberapa talenan atau alas kayu tesendiri untuk tiap-tiap jenis makanan. Misalnya untuk memotong buah, sayur, atau daging saja. Untuk makanan yang telah dimasak, sebaiknya diletakkan pada tempat yang bersih dari lalat dan debu. Pastikan juga Anda memilih wadah yang tepat untuk masakan Anda. Misalnya tidak menggunakan wadah dari bahan plastik (mangkuk plastik) untuk tempat sop yang masih panas.

Pastikan dapur Anda memiliki keranjang sampah. Pilihlah tempat sampah yang memiliki tutup agar sampah tidak terlihat dan baunya tidak menyebar. Pilih dan tata posisi tempat mencuci tangan atau wastafel agar tidak terlalu jauh dari kompor dan tempat memotong agar Anda dapat bergerak dengan mudah untuk membersihkan tangan dan alat-alat dapur yang telah selesai digunakan. Untuk material dilingkungan dapur Anda, sebaiknya pilihah material yang mudah dibersihkan dan awet, seperti marmer, keramik, atau stainless steel. Pilih material yang tidak licin karena lingkungan dapur rentan terkena cipratan atau tumpahan minyak dan air.

Yang terakhir, perhatikanlah sirkulasi udara di dapur Anda. Saat memasak, kondisi udara yang penuh asap dapat menyebabkan ruangan dapur menjadi pengap. Buahlah jendela yang menghadap ke halaman luar agar sirkulasi udara di dapur Anda menjadi lebih baik. Dengan adanya jendela yang menghadap ke area terbuka, cahaya matahari akan mudah masuk. Hal ini tentu sangat baik, karena selain menghemat listrik, cahaya matahari yang masuk ke ruangan dapur dapat menghilangkan aroma tidak sedap serta menghilangkan kelembaban. Itulah beberapa tips membuat dapur bersih dan sehat. Dapur yang sehat adalah awal dari kesehatan keluarga Anda. Sudahkah Anda memiliki dapur yang bersih dan sehat untuk keluarga Anda? Mari bagikan pengalaman menarik Anda dengan aktif berkomentar.