Tips Jitu Agar Tetap Sehat Saat Berkendara Jarah Jauh Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Tips Jitu Agar Tetap Sehat Saat Berkendara Jarah Jauh Saat Berpuasa Di Bulan Ramadhan

Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Berpuasa – Umat muslim yang saat ini sedang menjalankan ibadah puasanya selama 30 hari penuh tentu harus tetap menjalankan aktifitasnya secara normal dan tetap bersemangat. Memang akan lebih berat terasa, namun jika Anda menjalankannya dengan penuh niat yang tulus pastilah Anda bisa melalui bulan ramadhan dengan baik. 
Untuk itu, mungkin ada sebagian dari Anda sekalian yang akan melakukan perjalanan jarak jauh dengan berkendaraan pribadi harus sangat memperhatikan kesehatan fisik dan mental Anda, terlebih ketika saat menjalankan puasa. Yuk segera cari tahu apa saja tips jitu yang bisa Anda lakukan ketika akan berpergian dan berkendaraan jarak jauh yang bisa Anda lakukan.

TIPS BERKENDARA JARAK JAUH SAAT BERPUASA

Mengingat ketika berpuasa tenaga yang akan dikeluarkan akan lebih banyak saat berkendaraan, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak kelelahan saat sedang berkendaraan. Berikut beberapa tips berkendaraan jarak jauh saat berpuasa yang bisa Anda lakukan :
Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Berpuasa
Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Puasa

Banyak Minum Air Putih

Air putih memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, selain untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan, air putih juga baik untuk menjaga kondisi badan Anda agar tetap fokus dan konsentrasi terjaga. Maka dari itu, ketika Anda memutuskan untuk berpergian jarak jau dengan menggunakan kendaraan pribadi, sebaiknya saat sahur atau berbuka Anda memenuhi kebutuhan air putih Anda supaya saat di jalan nanti Anda tidak dehidrasi atau kekurangan cairan, lemas dan lesu.
Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Puasa
Tips Berkendara Saat Puasa Di Bulan Ramadhan

Tidur Yang Cukup

Selain mencukupi kebutuhan air putih untuk tubuh, Anda juga harus memenuhi waktu tidur Anda dengan baik. Tidur yang cukup akan membuat badan menjadi lebih segar dan tidak mengantuk di sepanjang perjalanan Anda nanti.
Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Puasa
Berkendara Jarak Jauh Saat Puasa
Tidurlah lebih awal, agar Anda segar di pagi harinya. Jangan sampai Anda kurang tidur sehingga mengantuk di sepanjang perjalanan, hal itu tentu saja sangat membahayakan diri Anda dan juga orang lain.

Jangan Lupa Untuk Beristirahat

Beristirahat ketika Anda sedang berkendara merupakan salah satu hal yang tidak kalah penting. Dengan beristirahat Anda tidak akan merasa terlalu lelah dan letih. Carilah tempat yang sejuk dan nyaman untuk meluruskan kaki sejanak.
Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Berpuasa
Tips Jitu Berkendara Ketika Sedang Puasa

Kurangi Porsi Makan Yang Tinggi Karbohidrat

Makanan yang tinggi karbohidrat akan mudah membuat Anda mengantuk. Hal ini sangat membahayakan terlebih ketika Anda sedang berkendaraan di jalanan yang ramai dan penuh sesak.
Tips Berkendara Jarak Jauh Saat Berpuasa
Tips Berkendara Jarak Jauh Ketika Berpuasa
Jadi Pilihlah menu lain yang sekiranya menyegarkan dan tidak membuat ngantuk, dan kurangi porsi makanan yang tinggi karbohidrat, jangan berlebihan.
Demikian tips berkendaraan jarak jauh saat sedang menjalankan puasa. Semoga dengan tips ini perjalanan Anda baik sendiri maupun dengan keluarga terlindungi dan aman. Jangan lupa untuk selalu berdoa ketika akan hendak berangkat dan mengucapkan rasa syukur ketika telah sampai di tempat tujuan. Tetap fokus, jangan mengantuk dan tetaplah berhati-hati selama perjalanan. Terimakasih sudah membaca.
Baca juga :
Tips Agar Tidak Mengantuk Saat Sahur
Tips Berolahraga Ketika Sedang Berpuasa Yang Aman Dan Benar
7 Cara Ngabuburit Yang Paling Asik Selama Bulan Puasa