Tips Membeli Laptop Bekas Atau Second Yang Berkualitas

Tips Membeli Laptop Bekas Atau Second Yang Berkualitas

Membeli Laptop Second Yang Berkualitas
Tips Membeli Laptop Second Berkualitas

Membeli Laptop Bekas Berkualitas – Laptop sudah menjadi barang yang banyak dicari sebagian besar, khususnya bagi mereka yang memerlukan laptop untuk pekerjaannya, misalnya seorang mahasiswa biasanya membutuhkan laptop untuk menunjang kegiatan belajarnya, untuk membuat skrisi atau untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah yang diberikan para dosen, selain mahasiswa, para pekerja kantoran juga biasanya disediakan laptop untuk mengerjakan pekerjaannya, lalu orang-orang yang membuka bisnis online yang pasti membutuhkan laptop sebagai sarana untuk mengerjakan pekerjaannya. Tidak dipungkiri bahwa harga laptop sudah bervariasi mulai dari harga mahal hingga harga murah bisa Anda cari di banyak toko elektronik atau toko komputer baik toko online maupun toko offline. Namun jika Anda menginginkan laptop dengan harga rendah dengan spesifikasi tinggi, Anda bisa memikirkan untuk membeli laptop bekas atau second yang sering ditawarkan pada situs jual beli online atau di toko komputer terdekat. Untuk membeli laptop second Anda harus lebih berhati-hati daripada membeli laptop baru yang masih tersegel rapi dari vendor resmi nya.

Pada kesempatan yang lalu Omah Tips juga telah membahas mengenai Tips Memilih Laptop Baru Yang Bagus sehingga jika Anda ingin membeli laptop, Anda bisa mengikuti beberapa tips yang telah kami bagikan untuk Anda sekalian.

TIPS MEMBELI LAPTOP BEKAS ATAU SECOND YANG BERKUALITAS

Membeli laptop memang tidak bisa disepelekan, Anda harus mengetahui setidaknya keinginan dan kebutuhan yang Anda perlukan ketika memilih laptop, terlebih laptop bekas. Banyak laptop bekas yang dimodifikasi nampak seperti laptop yang masih baru namun Anda jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk membeli dan akhirnya tertipu dengan rayuan penjual, karena itu berikut ini kami bagikan beberapa tips membeli laptop bekas yang berkualitas baik :
Tips membeli laptop yang pertama ialah cek kondisi fisiknya, pastikan semua bodi laptop masih mulus dan tidak tergores. Seperti layar, keyboard, touchpad dan casing nya masih bagus dan tidak ada cacat. Kondisi fisik merupakan hal pertama yang bisa kita lihat ketika Anda akan membeli laptop bekas, jika kondisi fisik laptop sudah tidak bagus, apakah Anda masih beminat melihatnya? Misalkan casing sudah banyak goresan, bagian layar juga sudah tergores disana sini, dan mungkin keyboard sudah tidak lengkap, tentunya Anda tidak akan melihat terlebih membelinya bukan? Maka dari itu pastikan kondisi fisik yang masih bagus baru Anda cek kondisi dalam dan mesin nya apakah masih bagus seperti penampilannya atau tidak.
Tips Membeli Laptop Bekas
Tips Membeli Laptop Bekas Berkualitas

Setelah melihat kondisi fisik yang masih bagus Anda juga harus melihat kondisi mesin dan performa mesin, apakah masih sesuai dengan harapan Anda atau sudah menunjukan performa yang tidak bagus. Cek mesin dan performa bisa Anda lihat dari beberapa bagian dalam laptop seperti port usb yang masih lengkap dan masih berfungsi, cek juga DVD room nya, lalu webcam dan speaker haruslah masih berfungsi dengan baik. Selain itu Anda juga harus cek pada bagian processor, hardisk, memory RAM, baterai.  Sekedar saran, Anda dapat memilih processor diatas pentium empat minimal core 2 duo karena saat ini semua sistem bisa dijalankan dengan processor diatas pentium empat. Ketika memilih memori juga harus Anda pastikan RAM yang tersedian harus cukup besar supaya dapat menjalankan pengoperasian dengan lancar. Biasanya laptop yang sudah dipakai memiliki kendala pada bagian baterai yang cepat habis atau drop, maka cobalah nyalakan dan tunggu kira-kira 1 jam untuk memastikan kondisi baterai masih stabil atau sudah drop.

Beli Laptop Bekas Atau Second
Membeli Laptop Bekas Yang Berkualitas

Selain mengecek kondisi fisik dan performa meesinnya, dalam membeli laptop bekas Anda juga harus menanyakan seputar garansi. Laptop second yang masih bergaransi bisa menjadi poin tambah untuk pertimbangan Anda membeli nya, akan lebih baik jika laptop tersebut masih memiliki garansi resmi dari distributor resminya, namun jika tidak garansi yang diberikan toko juga sudah cukup. Karena jika toko memberikan garansi pada laptop tersebut maka Anda bisa sedikit tenang jika suatu saat terjadi masalah pada laptop yang Anda beli itu.

Beli Laptop Bekas Berkualitas
Laptop Bekas Berkualitas

Tips membeli laptop bekas yang berkualitas selanjutnya ialah Anda harus menanyakan pula mengenai lama penggunaan dan menanyakan masalah yang sering terjadi pada laptop tersebut. Belilah laptop yang masa penggunaannya dibawah satu tahun karena kemungkinan rusaknya masih kecil dan kemungkinan besar masih bergaransi resmi. Tanyakan lebih detil pada penjual mengenai sejarah laptop, dan masalah yang pernah terjadi selama ini, sehingga Anda tidak akan kaget ketika masalah tersebut muncul kembali.
Tips membeli laptop second berkualitas yang berikutnya yaitu sebelum memutuskan akan membeli, lebih baik Anda cek harga pasaran terlebih dahulu supaya Anda tidak tertipu dengan harga tinggi namun kualitas standart. Lakukan perbandingan dari toko satu ke toko yang lain sehingga Anda mendapatkan harga yang paling bagus dengan performa, tipe laptop yang sama.
Cara membeli laptop bekas yang berkualitas
Tips Membeli Laptop Berkualitas

Tips keenam sebelum membeli laptop bekas pastikan kelengkapan yang disediakan oleh penjual, seperti kardus, cd room, buku manual penggunaan, cd drive, charger dan lainnya. Pastikan pula charger masih dalam performa yang bagus. Cobalah meminta penjual untuk mengecek charger apakah masih bagus atau sudah hampir tidak berfungsi. Jangan sungkan meminta bantuan dan menanyakan segala sesuatu yang Anda butuhkan.

Tips ketujuh, membeli laptop yang berkualitas juga bisa Anda lakukan dengan melihat dan cek segel yang menempel pada laptop, jika segel sudah rusak, kemungkinan besar laptop tersebut pernah diservice dan Anda bisa mengira dan menanyakan langsung mengapa laptop tersebut diservice, apakah ada kerusakan atau bagaimana? Tanyakan sejelas jelasnya.
Jika dibutuhkan Anda bisa mengajak teman yang pintar dan mengerti tentang laptop, spesifikasi dan permasalahann yang biasa muncul pada laptop,untuk menemani Anda mencari dan membeli laptop second yang masih berkualitas sehingga ketika penjual menjelaskan Anda bisa meminta saran dari teman Anda supaya tidak tertipu dengan perkataan penjual.

Membeli Laptop Bekas Atau Second Berkualitas
Laptop Second Yang Berkualitas

Demikian beberapa tips membeli laptop bekas berkualitas yang bisa kami berikan untuk Anda. Semoga dengan informasi ini dapat membantu Anda menentukan laptop yang akan Anda beli. Terimakasih. Baca juga Tips Merawat Laptop Notebook Anda Agar Awet.