Tips Memilih Koper yang Bagus dan Awet untuk Menemani Mudik Anda

tips-membeli-koper-2

Mudik menjadi sebuah tradisi bagi masyarakat muslim yang merayakan lebaran. Saat mudik, Anda pasti membutuhkan koper untuk menyimpan barang bawaan Anda yang banyak. Untungnya, banyak promo Ramadhan untuk tas koper yang ditawarkan mall-mall. Langsung saja, ketahui tips memilih koper yang bagus dan awet untuk teman mudik Anda!

Pilih Jenis Koper yang Sesuai

Wah, ternyata koper juga ada jenisnya lho! Koper memiliki 2 jenis, yaitu koper softcase dan hardcase. Jenis ini dibagi berdasarkan permukaan terluar dari tas koper. Kedua jenis koper ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk koper hardcase, dia lebih mudah dibersihkan dan memberikan perlindungan yang optimal terhadap barang bawaan Anda. Akan tetapi, koper hardcase akan lebih mudah pecah sehingga Anda harus memastikan jangan sampai koper Anda terbanting. Sedangkan koper softcase memiliki kekurangan yaitu sulit dibersihkan jika terkena noda.

Pilih Bahan Koper yang Awet

Bahan koper bermacam-macam. Koper ada yang terbuat dari bahan kain seperti bahan karung, bahan sintetis seperti kain berplastik (nilon), dan dari bahan Polycarbonate/abs (hardcase). Semua bahan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Bahan koper dari kain tidak terlalu recommended jika digunakan untuk mudik. Koper yang terbuat dari bahan nilon mudah disimpan dan mudah diperbaiki. Sedangkan koper dari bahan polikarbonat memang ringan dan tidak mudah retak, tetapi mudah penyok. Hal terpenting adalah pilih bahan koper yang waterproof (tahan air) untuk mudik lebaran Anda agar awet!

Pilih Handle Koper 2 Bar

Handle atau gagang koper adalah salah satu komponen yang seringkali rusak. Pasalnya, petugas bandara sering melemparkan koper ke dalam bagasi yang menyebabkan handle koper rusak atau patah. Tips memilih handle koper yang awet adalah pilih handle koper 2 bar. Handle koper 2 bar akan lebih kokoh dibandingkan dengan handle 1 bar.

Pilih Roda Koper yang dapat Berputar 360 Derajat

Ruang gerak koper pasti menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih koper yang akan Anda beli. Anda tentu akan merasa lebih nyaman dalam membawa koper yang memiliki roda dapat berputar 360 derajat. Roda koper yang dapat berputar 360 derajat lebih memudahkan mobilisasi Anda terlebih ketika ditengah keramaian dan harus buru-buru.

Pilih Koper dengan 4 Roda

Koper ada yang yang memiliki roda 2 dan roda 4. Untuk Anda yang memiliki mobilisasi tinggi, lebih baik memilih koper dengan roda 4 karena dapat didorong dan ditarik. Jika Anda harus melewati tangga atau eskalator, akan lebih mudah jika menggunakan koper roda 4. Namun, jika koper yang Anda gunakan berukuran kecil, roda 2 tetap nyaman untuk Anda gunakan ketika mudik.

Pilih Resleting Koper yang Besar

Resleting koper adalah bagian penting dalam sebuah koper. Dalam memilih koper, pilihlah koper yang memiliki resleting besar. Semakin besar resleting, maka tahanan yang dimiliki juga akan semakin kuat. Kita seringkali memaksakan muatan dalam koper, jika resleting kecil maka akan membuat koper mudah jebol.

Pilih Ukuran Koper yang Sesuai Kebutuhan

Ukuran koper bermacam-macam mulai dari 20” sampai 30”, semua tergantung dengan barang bawaan dan waktu perjalanan mudik Anda. Pada dasarnya, mudik dengan membawa barang sedikit akan lebih praktis. Sehingga disarankan agar Anda memilih koper dengan ukuran cabin size atau medium size. Ukuran koper medium size akan lebih meringankan beban kita ketika mudik.

Hindari Ukuran Koper Jumbo Size

Mengapa Anda harus menghindari koper dengan jumbo size ketika mudik? Karena koper dengan jumbo size memuat barang lebih banyak, sehingga akan sangat berat dan Anda akan kesulitan untuk membawa atau mengangkatnya. So, gunakan koper dengan medium size saja untuk jadi teman mudik Anda!

Pilih Koper dengan Sistem Penguncian yang Aman

Koper zaman sekarang banyak yang menggunakan sistem penguncian seperti sistem brankas dengan memutar-mutar angka beberapa digit. Untuk sistem penguncian ini, Anda perlu mengingat kode yang sudah Anda buat.

Jangan sampai lupa sehingga tidak bisa dibuka. Selain itu, ada juga koper dengan sistem penguncian berstandar Internasional atau yang sering disebut TSA (Travel Sentry Approved). Hal ini akan sangat membantu petugas bandara saat memeriksa koper Anda.

Pilih Warna Koper yang Mudah Diingat

Banyaknya pilihan warna koper yang dijual dipasaran seringkali membuat Anda bingung untuk menentukan warna yang cocok. Pilihlah koper dengan warna yang Anda suka, lebih bagus lagi jika warna tersebut terang mencolok. Hal ini berguna agar koper Anda tidak tertukar ketika melakukan perjalanan mudik dengan transportasi umum.

Itulah tips memilih koper yang bagus dan awet untuk Anda. Anda dapat lihat koleksi koper untuk teman mudik Anda di blibli.com. Blibli.com juga sedang menawarkan promo Ramadhan khusus untuk koper yang Anda pilih. Yuk, langsung cek website blibli.com!