Tips Mengumpulkan Modal untuk Merintis Bisnis Sampingan

Keterbatasan modal sering menjadi penghalang ketika merintis bisnis sampingan. Padahal, bisa saja bisnis yang akan Anda rintis berpeluang sukses di kemudian hari. Sebaiknya Anda tidak langsung menyerah saat menghadapi kendala modal. Cobalah memikirkan berbagai jalan keluar untuk memperoleh modal yang Anda butuhkan.

make-money

Beberapa tips praktis ini juga bisa membantu Anda mengumpulkan modal untuk bisnis sampingan:

Menyisihkan Sebagian Pendapatan

Kalau Anda masih menjalani pekerjaan utama, berarti Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk modal bisnis. Pastikan bahwa Anda menabung secara teratur untuk mengumpulkan modal tersebut. Kurangi kebiasaan boros supaya Anda memiliki sisa uang lebih banyak setiap bulan.

Meminjam Uang Melalui Platform Online

Ketika Anda butuh dana cepat, Anda juga bisa mengatasinya dengan meminjam uang melalui platform online. Kini, ada Momaju yang dapat membantu Anda memperoleh pinjaman uang yang Anda butuhkan. Momaju akan menghubungkan Anda dengan bank, perusahaan pembiayaan, atau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) yang dapat memberikan pinjaman modal.

Setelah mengisi formulir pendaftaran dan memberikan lampiran identitas, Anda tinggal menunggu lembaga yang dapat memfasilitasi Anda. Butuh uang cepat untuk bisnis sampingan jadi tidak sulit dipenuhi karena Anda bisa mencari solusinya melalui Momaju.

Bekerja Sama dengan Teman

Anda tak perlu ragu menjalin kerja sama dengan teman bila Anda mengalami keterbatasan modal. Kerja sama ini bahkan bisa membantu Anda mengelola bisnis sampingan secara efektif. Karena Anda tentu harus membagi waktu dengan pekerjaan utama. Nanti, Anda bisa mengelola bisnis sampingan secara bergantian dengan teman yang sudah menjadi rekan bisnis Anda.

Menjual Barang-Barang yang Sudah Tidak Digunakan

Jangan menyimpan banyak barang tak terpakai di rumah. Alangkah lebih baik jika Anda menjualnya untuk tambahan modal bisnis. Berbagai jenis barang seperti gadget, pakaian, atau kendaraan pribadi akan mengalami penurunan nilai bila dibiarkan begitu saja. Sebaiknya Anda lekas menjual barang-barang tersebut selagi nilai ekonomisnya masih cukup tinggi.

Sekarang, Anda bisa mempraktikkan keempat tips tersebut untuk mengumpulkan modal bisnis. Segera wujudkan rencana bisnis sampingan Anda agar lekas menghasilkan keuntungan sesuai target.