Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak

Tips Menjaga Kesehatan Gigi Anak – Kesehatan gigi anak tidak kalah penting bagi kesehatan sang buah hati. Terkadang Anda akan menjumpai gigi pada anak yang rusak dan banyak berlubang. Memang benar jika gigi anak copot akan tumbuh lagi karena masih merupakan gigi susu, namun jika kemudian Anda biarkan begitu saja maka kesehatan Anak bisa saja terganggu, karena banyak kuman bersarang pada mulutnya dan bisa saja tertelan dan membuat perut sang buah hati sakit. Maka dari itu perhatikan kesehatan giginya mulai dari sejak dini.

Pada kesempatan kali ini Omah tips ingin membahas mengenai tips menjaga kesehatan gigi anak yang benar supaya dikemudian hari nanti gigi anak akan tumbuh sehat dan terjaga. Baca juga Tips Mengatasi Napsu Makan Saat Hamil.

TIPS MENJAGA KESEHATAN GIGI ANAK

Selain untuk kesehatan sang anak, membiasakan menjaga kesehatan gigi dari kecil juga bisa membuatnya tumbuh lebih percaya diri dengan gigi sehat dan kuat. Berikut beberapa tips menjaga kesehatan gigi anak yang perlu diketahui oleh para orang tua :
Tips menjaga kesehatan gigi anak yang pertama ialah beritahukan sejak dini pentingnya kesehatan gigi. Pengetahuan mendasar mengenai kesehatan gigi sangat penting diajarkan kepada anak sedini mungkin, misalkan memberitahu sakitnya gigi berlubang sehingga harus dihindari atau memberitahukan mengenai pentingnya menggosok gigi.
Tips menjaga kesehatan gigi anak yang kedua ialah ajarilah untuk gosok gigi dua kali sehari. Menggosok gigi dipagi dan malam hari sebelum tidur adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan giginya. Anda bisa melakukannya bersama sang buah hati sehingga dia pun mencontoh kebiasaan baik Anda, ajarilah menghosok gigi dengan cara yang benar.
Tips menjaga kesehatan gigi anak yang ketiga ialah mengurangi makanan dan minuman yang manis. Makanan dan minuman yang manis seperti coklat, permen, sirup akan mudah tertinggal di gigi sehingga menyebabkan gigi sakit dan akhirnya berlubang, maka dari itu kurangilah yang manis-manis  terlebih ketika malam hari saat mau tidur.
Tips menjaga kesehatan gigi anak yang keempat ialah bebaskan anak memilih pasta gigi dan sikat gigi yang mereka sukai. Dengan memilih sikat atau pasta gigi kesukaannya sang anak akan lebih senang dan gemar memakai sikat gigi kepunyaannya, jadi bebaskanlah dia memilih yang dia sukai dengan tetap memperhatikan kesehatannya.
Tips menjaga kesehatan gigi anak yang kelima adalah periksakan gigi anak secara rutin ke dokter gigi. Biasakanlah dari kecil untuk rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali, sehingga selain terawat oleh kita sendiri, dokter juga bisa terus memantau kesehatan gigi anak Anda.
Demikian beberapa tips menjaga kesehatan gigi anak yang bisa segera Anda terapkan supaya sang buah hati memiliki kebiasaan baik menjaga gigi nya sedari kecil, sehingga saat dia tumbuh besar nanti dia tidak malas menggosok gigi dan selalu rutin memeriksakan gigi nya ke dokter. Terimakasih.