Trik Pilih Franchise Makanan yang Menguntungkan

Trik Pilih Franchise Makanan yang Menguntungkan

franchise makanan

Menjalankan bisnis yang satu ini memang boleh dibilang sebagai bisnis atau usaha yang bahasa jaawanya “garek mancal” atau dalam bahasa Indonesianya “tinggal menjalankan saja”. Lho.. bagaimana kok bisa begitu. Ya tentunya kita semua tahu kalau bisnis franchise itu merupakan sebuah sistem bisnis yang dibangun untuk memudahkan para partner atau pembeli atas paket farnchise tertentu, agar tinggal menjalankannya saja.

Coba bayangkan saja, misal kita membeli sebuah paket franchise makanan semacam ayam cryspi. Bagaimana tidak mudah, gerobak sudah disediakan, pelatihan singkat usaha juga diberikan, konsep usaha serta resep diberikan pula, dan asumsi untung rugi serta strategi marketingnya juga kita diajari, tinggal siapkan modal, udah.. kebeli deh.. itu paket usaha franchise makanan.

Enak kan… tinggal njalankan aja, eiittt.. tapi tunggu dulu, tentu tak semua franchisor memberikan fasilitas atau layanan seperti yang disebutkan tadi. Bisnis frnachise makanan boleh dibilang mudah, namun bagi kita yang belum terlalu dalam pengetahuannya mengenai bisnis ini, nampaknya beberapa point berikut perlu untuk diperhatikan.

Jajanan yang diminati semua umur

Siapapun penjual makanan, tentu akan berharap makanan olahan yang dibuat bisa menemukan jumlah konsumen yang cukup banyak. Nah… ini juga menjadi pertimbangan penting bagi Anda yang akan berencana membeli sebuah peket usaha franchise makanan. Sangat disarankan untuk tahu mengenai bagaimana minat pasar atau konsumen terhadap produk makanan dari sebuah brand franchise tertentu.

Misalkan Anda memilih franchise dengan konsep ayam goreng dengan basis usaha mini resto, sudah barang tentu Anda harus membuka usaha semacam ini di tempat ramai dan sedikit elit, seperti di foot court dalam mall, kawasan pertokoan bagian kantin, atau di areal yang banyak didatangi kalangan menengah ke atas seperti dekat kampus, atau dekat perkantoran.

Bila memilih franchise makanan dengan produk seperti kentang ulir, keripik pedas, donat, dan burger, tentunya juga tak kalah penting untuk mempertimbangkan apakah pasar yang Anda bidik di kota Anda cukup punya minat terhadap makanan-makanan tersebut. Bagi Anda para pemula, disarankan untuk memilih makanan yang mengena untuk pasar semua umur, baik mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Makanannya murah

Salah satu alasan beberapa orang memilih jajan pada boott atau gerobak franchise makanan biasanya karena tertarik dengan makanan atau jajanan murah yang harganya tertera pada tulisan di booth’nya. Alasan “murah” biasanya sering menimbulkan daya beli yang cukup tinggi. Kebanyakan orang tentu lebih memilih makanan dengan harga terjangkau namun sehat.

Dan beberapa franchise makanan saat ini tengah mampu menjawab tantangan tersebut. Makanan murah biasanya juga akan senada dengan harga franchise yang ditawarkan. Biasanya untuk jenis makanan atau jajanan murah, paket usahanya bisa didapatkan mulai dari 7 hingga 12 jutaan.

Franchise makanan ternama

Ini mungkin akan jadi pertimbangan bagi mereka yang teliti dan penuh pertimbangan sebelum membeli. Franchise makanan yang sudah punya nama besar tentu kita semua tahu, bila memang Anda sering jalan-jalan ke mall-mall besar. Meski punya nama besar, bukan lantas jaminan lalu akan laris manis. Nama besar bila dibuka di tempat yang salah tentu akan tidak efektif. Franchise manapun boleh Anda pilih, namun yang terpenting adalah jenis makanan yang dijual dapat diminati oleh market atau pasar.