Tujuan penyelenggaraan UNBK yang perlu kita ketahui

Sekarang ini ujian Nasional yang dulunya pengerjaan pada sebuah kertas semakin berkembang dan mengalami perubahan semenjak hadirnya teknologi. Sekarang ini pengerjaan ujian Nasional sudah berbasis komputer. Jadi di rasa lebih mudah bahkan juga di nilai mampu memajukan dunia pendidikan. Meskipun masih ada sekolahan yang menyelenggarakan Ujian Nasional dengan pensil, setidaknya UNBK ini sudah semakin meluas saja. Memang ada berbagai kriteria khusus untuk sekolahan yang bisa menerapkan system tersebut.

Mengulik-Lebih-Jauh-Tentang-Ujian-Nasional-Berbasis-Komputer-UNBK-tunaiku

Jika di rasa sudah memenuhi segala kriteria dan juga persyaratan, maka sebuah sekolahan pun sudah bisa menerapkan Ujian Nasional yang berbasis komputer ini. Setidaknya pelaksanaan UNBK ini membawa banyak manfaat yang tentunya bisa memajukan dunia pendidikan. Setidaknya dengan adanya UNBK ini pastinya dijadikan sebagai evaluasi untuk mengetahui sampai dimanakah kualitas dari Sumber daya manusia yang nantinya akan di hasilkan. Sehingga sungguh harapan besar bisa mendapatkan hasil UNBK yang memuaskan.

Bahkan penyelenggaraan UNBK ini dinilai mampu meredam adanya kecurangan yang selama ini telah dikeluhkan. Tentunya UNBK ini juga memiliki berbagai tujuan penting dalam dunia pendidikan. Inilah berbagai macam tujuan UNBK yang perlu anda perhatikan, diantaranya:

  • Mampu membuat siswa menjadi pelaku teknologi yang membawa manfaat

Setidaknya dengan penyelenggaraan UNBK ini siswa pun memiliki keahlian lebih dalam hal pengoperasian komputer. Bahkan siswa nantinya bisa mengaplikasikan pengetahuan mereka selama ini dalam UNBK. Meskipun kelihatannya hal yang sepele, namun bagi siswa yang belum mahir komputer tentu akan merasa kesulitan untuk bisa mengaplikasikannya. Di sinilah manfaat UNBK bisa kita rasakan. Mungkin sebelumnya masih banyak murid yang belum begitu mahir dalam pengoperasian komputer. Berkat hadirnya UNBK ini semua murid pun diharapkan bisa mengoperasikan komputer terlebih ketika mereka mengerjakan soal ujian Nasional.

  • Sikap dan minat belajar komputer semakin meningkat

Setidaknya hadirnya UNBK ini nyatanya bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin belajar lebih tentang komputer. Mereka tak lagi memikirkan hal seperti kunci jawaban lagi. Melainkan mereka berusaha belajar lebih mengenai komputer supaya saat Ujian Nasional nanti tidak mengalami kesulitan yang bisa menghambat proses ujiannya. Jadi mereka pun akan semakin giat dalam belajar. Berkat UNBK ini kecurangan dalam pengerjaan soal ujian pun semakin berkurang. Bahkan kita bisa dengan mudah mengetahui kemampuan masing-masing siswa.

  • Menjadi solusi untuk penerimaan mahasiswa baru

Adakalanya soal ujian ini merupakan perpaduan antara soal Ujian Nasional dua tahun sebelumnya bahkan bisa di bilang setara dengan soal Perguruan Tinggi Negeri. Untuk itu, diharapkan UNBK ini bisa di jasikan solusi dalam hal penerimaan mahasiswa baru. Sehingga tidak akan ada lagi ujian yang lainnya namun hanya berpatokan pada nilai UNBK ini. Selain lebih menghemat biaya tentunya juga terjamin kejujurannya bahkan juga bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Siswa pun semakin terampil dan bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah hadir.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dengan diadakannya UNBK ini. Tak hanya mencetak siswa yang terampil dan berprestasi tentunya juga mampu mencetak siswa yang semakin mahir mengaplikasikan komputer. Dengan adanya program UNBK ini diharapkan peran semua pihak dalam hal peningkatan mutu pendidikan yang ada di Tanah Air mampu mencetak peserta didik yang mengutamakan nilai karakter yang terbilang baik. Kini bagi siswa yang ingin berprestasi maupun mendapatkan nilai yang bagus harus belajar dengan sungguh-sungguh.