Untung Rugi Dropshipper Fashion Wanita

Untung Rugi Dropshipper Fashion Wanita

Prospek bisnis online semakin menjanjikan , bagi mereka yang menginginkan bisnis yang bisa dikerjakan di rumah atau biasa disebut sebagai usaha rumahan terutama bagi ibu rumah tangga yang punya kewajiban mengurus rumah tangga , tentu bisnis online menjadi angin segar dikala ekonomi serba sulit ini . Bisnis online banyak macamnya namun yang paling mudah dijalankan adalah bisnis jualan online atau sering disebut sebagai online shop . Kemudahan yang diberikan online shop dibanding bisnis online lainnya adalah keuntungan langsung bisa didapat tanpa perlu mempelajari seluk beluk internet marketing .

Beberapa kelebihan online shop dibanding bisnis lainnya yaitu tidak perlu proses panjang untuk mendapatkan hasil , sekali ada pembeli yang memesan produk seketika itu juga Anda langsung mendapatkan keuntungan . Berbeda dengan menjadi publisher atau internet marketer yang membutuhkan modal cukup banyak dan keahlian tentang marketing online mumpuni , online shop tidak demikian walaupun terkadang masih dituntut untuk menguasai beberapa elemen kecil dari marketing online . Online shop tidak harus mempunyai stok barang sendiri di rumah , bagi yang tidak punya modal banyak untuk membeli barang juga bisa mengandalkan bisnis dropship sebagai langkah awal untuk terjun ke dunia jualan online .

untung rugi dropshipper fashion wanita
untung rugi dropship fashion wanita

Bisnis dropship memang pilihan pas untuk Anda yang ingin mendulang rupiah dari manisnya jualan online . Macam-macam produk yang bisa didropship seperti fashion wanita , fashion pria , aksesoris fashion meliputi tas ; sepatu ; gelang dan lain sebagainya , peralatan rumah tangga seperti setrika mini , mesin jahit mini dan beberapa produk yang laris diburu secara online . Ketika pertama kali memutuskan memilih bisnis dropship , seringkali kita lebih memilih fashion terutama fashion wanita sebagai produk dropship pertama . Fashion wanita dipilih sebagai produk utama dropship lantaran pasar yang ada jelas seorang yang suka belanja (wanita red) sehingga proses pemasaran jauh lebih mudah .

Tapi , apa benar berjualan fashion wanita itu mutlak untuk dropshipper yang pertama kali mencoba bisnis dropship ? jawabnya tidak . Ada beberapa keuntungan dan kerugian manakala kita memutuskan untuk berjualan baju wanita secara online dengan model dropship . Apa saja itu , berikut uraiannya :

Keuntungan menjual produk fashion wanita dengan model dropship :

    Pasar yang potensial
Kita tahu bahwa wanita adalah konsumen yang berpotensi untuk membeli produk apa saja yang kita tawarkan salah satunya adalah baju . Wanita tidak perlu menunggu lebaran tiba untuk membeli baju baru , setiap bulan atau bahkan minggu pun mereka rela membeli baju baru jika baju baru yang mereka lihat kelihatan bagus , cantik . Meskipun entah mau dipakai atau justru disimpan di lemari , mereka akan membeli baju baru .
•    Keuntungan yang besar
Karena melihat pasar yang berpotensi , dengan asumsi satu orang bisa beli 2-3 potong baju maka keuntungan yang kita dapatkan dari berjualan fashion wanita tentu akan lebih besar daripada jualan baju lainnya bukan . Akan tetapi , besar atau kecilnya keuntungan yang kita dapatkan tergantung dari besar kecil selisih harga yang kita berikan ke konsumen dengan harga dari suplier . Kecuali jika anda membeli barang langsung dari suplier dalam jumlah banyak maka keuntungan jauh lebih besar daripada model bisnis dropship .

Sedangkan kerugiannya :

•    Model baju sering update
Bagi anda yang sudah pernah menjadi dropshipper baju wanita mungkin sudah paham betul bagaimana mekanisme model baju yang sering update , bahkan dalam 3 hari saja suplier telah memberitahu kepada dropshipper-dropshippernya bahwa katalog lama sudah tidak berlaku . Otomatis dropshipper yang memasarkan produk dengan katalog lama akan kehabisan stok , dan akhirnya sia-sia belaka pemasaran yang dilakukan hari kemarin .
Dengan model yang diperbarui terus (ada yang 3 hari sekali , 1 minggu sekali  , 1 bulan sekali tergantung kecepatan dropshipper memasarkan produk) akan sangat melelahkan Anda . Ingat , anda tidak akan mendapat gaji (untung) kalau anda tidak bisa menjual . Apalagi jika anda memasarkan dengan metode berbayar seperti menggunakan facebook ads , tentu anda akan rugi . Untung tak seberapa dan juga stok barang yang cepat habis akan membuat anda frustasi .
•    Harga kurang kompetitif
Umumnya suplier fashion wanita hanya mengimpor produk dari luar negeri seperti Cina atau Korea . Nah , untuk memikat calon konsumen  mereka tidak menggunakan hasil foto dari produk nyatanya namun menggunakan model katalog yang diberikan dari luar negeri sehingga tampak bagus modelnya . Namun bukan ini permasalahannya , dengan katalog yang sama antara suplier fashion wanita di Jakarta dan Surabaya , namun perbedaan harga signifikan tajam tentu sangat tidak menguntungkan dropshipper .
Contoh kasus , produk AAA dari suplier jakarta seharga 55.000 rupiah , sedangkan dari suplier Surabaya hanya 25.000 rupiah dengan foto atau katalog sama , hanya perbedaan penamaan kode fashion saja . Karena kurang informasi , Anda mendaftarkan menjadi dropshipper ke suplier di jakarta menjual produk AAA tersebut dengan harga yang diberikan sebesar 65.000 (keuntungan 10.000 rupiah) , coba bayangkan mana ada orang yang mau membeli produk serupa (foto sama) harga beda jauh . Mungkin jika anda menjual dari suplier surabaya , Anda bisa menjualnya dengan harga sekitar 40.000 , jauh lebih tinggi keuntungannya dari suplier di jakarta , bukan?

•    Sulit untuk memasarkan

Jika anda memasarkan sebuah produk dengan cara gratisan seperti menjual di forum jual beli , situs jual beli seperti olx , atau update status via Facebook tentu keuntungan yang anda raih tak seberapa . Jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal , maka harus menggunakan marketing berbayar seperti toko online , iklan facebook atau iklan google . Namun sayangnya , jika anda menggunakan metode marketing berbayar dan status anda masih dropshipper , kerugian materi justru yang didapat . Seperti yang diuraikan di poin pertama , bahwa model baju wanita yang sering update sehingga tidak memungkinkan anda untuk “mengamankan produk yang dipasarkan” ketika ada pembeli yang memesan .
Itulah untung rugi menjadi dropshipper baju wanita , bagi anda yang ingin memilih produk untuk didropship sebaiknya pelajari dahulu kelebihan dan kelemahan produk tersebut untuk dijual secara online karena itulah alat anda untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis online shop .