Usaha Keripik Pisang, Apa Masih Menjanjikan?

Usaha Keripik Pisang, Apa Masih Menjanjikan?

Usaha Keripik Pisang

Bahan baku yang bisa kita dapat dari alam maupun pasar-pasar tradisional yang bisa dikreasikan dalam bentuk makanan camilan salah satunya adalah pisang. Pisang memang makanan yang cukup nikmat bila dinikmati saat warna kulitnya sudah berwarna kuning, terlebih bila memetiknya langsung dari pohon pasti sensasi rasanya cukup manis dan segar.

Pisang memang punya nilai ekonomis yang cukup tinggi di masyarakat kita. Tak hanya pisang yang telah matang saja yang bisa langsung dijual namun olahah keripik dari bahan baku pisang ini juga punya nilai ekonomis yang lebih tinggi lagi dibanding pisang dalam bentuk utuh.

Keripik pisang merupakan makanan ringan atau camilan yang cukup diminati di masyarakat kita. Terlebih dengan harganya yang terjangkau cukup bersahabat bagi kalangan menengah ke bawah. Aneka olahan keripik pisang juga sangat beragam. Bahkan saat kita berkunjung ke supermarket, ada banyak sekali jenis olahan keripik pisang dengan macam-macam bumbu perasa yang berbeda-beda seperti asin, manis, dan dikemas dalam bentuk yang menarik.

Solusi untuk bisnis UKM

Bagi para pemodal kecil, keripik pisang bisa menjadi solusi tepat untuk dijadikan olahan makanan yang pasarnya masih sangat potensial. Meski pun dengan modal kecil, usaha produksi keripik pisang ini bisa dilakukan degan jumlah produksi yang terbatas. Namun meski stok yang dimiliki terbatas namun potesi pasarnya cukup besar.

Dengan memproduksi kripik pisang maka UKM akan bisa lebih hidup di tengah-tengah ekonomi masyarakat yang terkadang kurang stabil.

Bahan baku mudah didapat

Mengolah pisang menjadi keripik, tentu bukanlah hal yang sulit, untuk urusan bumbu kita pun bisa tanya sani sini, terlebih bahan baku pisang bisa didapat dengan mudah di pasar-pasar tradisional maupun dari petani langsung, bagi yang tinggal di wilayah pedesaan. Dan ini tentunya semakin memberi harapan besar bagi para usahawan kecil sekelas industri rumah tangga.

Harga ekonomis untuk semua kalangan

Keripik pisang bisa diproduksi dan dikemas dalam ukuran yang berbeda-beda, tergantung segmen pasar mana yang akan dibidik. Keripik pisang bisa dikemas dalam plastik ukuran kecil dengan harga ke konsmen akhir Rp.1.000 hingga dalam plastik transparan yang agak besar dengan harga muali Rp. 5 ribu hingga lebih dari Rp. 10 ribu. Dan tentunya camilan keripik pisang ini merupakan camilan enak namun dengan harga yang ekonomis untuk berbagai kalangan.

Pasarnya cukup menjanjikan

Untuk urusan pemasaran, kita bisa menyasar beberapa tempat-tempat yang cukup punya potensi jual tinggi seperti toko-toko yang berada di daerah sendiri maupun supermarket atau minmarket. Bila punya stok yang lumayan banyak, bisa juga menawarkan keripik yang kita produksi ke grosir-grosir yang ada di kota kita. Dan tentunya untuk memasarkan makanan ringan yang tergolong mudah laku ini tentunya bukanlah sesuatu hal yang sulit.