Usaha Rumahan Bisnis Dropship

Usaha Rumahan Bisnis Dropship

Usaha Rumahan – Menjalankan usaha di rumah merupakan idaman bagi semua orang tak terkecuali ibu rumah tangga yang ingin membantu perekoniman keluarga namun tidak ingin keluar rumah agar urusan rumah tangganya tetap terurus seperti menyiapkan sarapan dipagi hari , menyusui anak , mencuci pakaian dan berbagai macam tugas rumah tangga lainnya . Sekarang ini banyak masyarakat yang mendulang rupiah dari rumah saja tanpa keluar rumah , profesi yang dijalankan merupakan usaha rumahan yang bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun dan kapanpun , tak terkecuali bisnis dropship ini . Mengapa harus dropship ? mau tahu alasannya ? bookmark ya .

Disaat era internet seperti ini , kita harus bisa memanfaatkan sebaik mungkin agar kehidupan kita jauh lebih baik dengan adanya teknologi atau fasilitas internet yang sudah merupakan hal wajib yang diperoleh setiap orang . Sosial media , mesin pencari , web , blog merupakan hal yang wajib kita kunjungi saat kita melakukan penjelajahan di internet baik itu untuk sekedar mencari informasi , bercengkrama dengan teman , membantu menyelesaikan tugas sekolah , membantu dalam pekerjaan kantor dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan dengan Internet . Dan salah satu hal yang bisa kita lakukan dari internet adalah berjualan produk .

artikel terkait : tips pemasaran untuk dropshipper

Fenomena sosial media yang booming akhir-akhir ini tak luput dari perhatian para pelaku bisnis online baik itu pelaku bisnis penjualan produk ataupun bisnis internet market . Semuanya berbondong-bondong menggunakan media sosial untuk menaikkan profit bisnisnya ataupun juga sebagai branding terhadap kelancaran bisnis . Dari berbagai macam media sosial yang ada sekarang ini , Facebook merupakan sosial media yang masih menjadi raja dari sosial media di Indonesia bahkan dunia . Facebook pun begitu juga dengan sosial media lainnya , bisa kita gunakan sebagai media untuk melakukan promosi jualan bahkan untuk dropshipper sekalipun . Lalu apa itu dropship dan dropshipper ?

Bisnis dropship adalah bisnis berjualan produk secara online dengan media internet sebagai media marketing namun dropshipper tidak perlu menyediakan barang di rumah ataupun toko , dropshipper memperoleh keuntungan berdasarkan selisih harga dari pembeli dikurangi harga dari penjual , alamat pengiriman merupakan nama dan alamat dari dropshipper sehingga pembeli tidak akan mengetahui jika anda seorang dropship . Sedangkan dropshipper adalah pelaku atau orang yang menjalankan bisnis dropship . Bisnis dropship merupakan bisnis online yang paling mudah dijalankan terutama untuk pemula , namun memiliki profit yang tak kalah bagusnya dengan bisnis online lainnya .

Lalu seperti apa dan bagaimana menjalankan bisnis dropship untuk dijadikan usaha rumahan ? tentu cara menjalankan bisnis dropship ini banyak caranya , namun yang terpenting adalah ada niat dan usaha yang kuat sehingga diwaktu anda dihadapkan pada masalah yang akan menerjang , anda tidak gentar menghadapinya . Sama seperti bisnis lainnya , bisnis model dropship ini juga mempunyai banyak permasalahan komplek yang harus dihadapi jika ingin menjadi dropshipper sukses . Berikut ini panduan menjadi dropship yang baik .

1. Memilih Produk

Anda harus menentukan produk apa yang akan dijual diranah online , apakah fashion (seperti gamis syar'i)atau home stuff dan lainnya . Yang paling penting dalam proses pemilihan produk adalah anda bisa menguasai produk yang anda jual baik itu pengetahuan teknis ataupun perawatan . Ketika konsumen bertanya mengenai spesifikasi produk , anda harus sigap melayani dengan cara menjawab yang baik . Karena anda tidak atau belum melihat produk yang anda tawarkan , maka bertanya kepada suplier atau teman atau juga dari internet amatlah penting agar konsumen merasa bahwa anda inilah yang memang jualan bukan makelar .

usaha rumahan bisnis dropship
usaha rumahan dropship

Untuk memilih produk yang bisa didropshipkan tentunya produk tersebut tidak menyulitkan dalam hal pengiriman dan tentunya tidak merepotkan dropshipper itu sendiri . Menyulitkan dalam hal pengiriman misalnya seperti produk material semacam pasir , batu karena jika dikirim ke luar kota akan memakan biaya pengiriman yang banyak , merepotkan dropshipper seperti produk yang berbasis pre order karena pembeli harus menunggu masa pre order selesai dan tentunya jika konsumen tidak sabar maka dropshipper lah yang menjadi bulan-bulanan konsumen .

2. Memilih Suplier

Karena anda seorang dropshipper , maka tidak perlu mempunyai barang di rumah untuk dijual . Cukup menghubungi suplier atau toko online yang bisa diajak kerjasama maka bisnis sudah bisa berjalan . Apabila memilih suplier secara online , anda perlu mengetest kecepatan pelayanan agar ketika anda memesan barang dari suplier tersebut , layanan yang ia berikan sesuai dengan harapan dalam hal ini kecepatan pengiriman , keramahan pelayanan dan masih banyak lagi .

baca juga : tips mencari suplier

Cara mengetes dalam hal masalah respon adalah dengan mengirim sms atau email ke suplier yang dimaksud lalu tunggulah berapa lama ia membalas . Jika waktu untuk membalas sms atau email memiliki jeda waktu yang cukup lama , maka perlu anda pikir ulang untuk mengajak kerjasama dengannya . Tapi , jika respon yang ia berikan dalam hal membalas sms cukup cepat atau bahkan cepat sekali maka inilah suplier  idaman dropshipper . Tetapi cara itu bisa mempunyai kelemahan , bisa jadi suplier agak lama dalam membalas pesan anda karena sedang sibuk mengurus online shopnya atau dropshipper lain sehingga butuh jeda yang relatif lama .

usaha rumahan bisnis dropship
usaha rumahan bisnis dropship

3. Melakukan Promosi

Inilah hal wajib dilakukan oleh dropshipper agar memperoleh profit , yakni melakukan promosi . Promosi yang dimaksud disini bukan berarti promosi beli 4 gratis 1 , akan tetapi melakukan kampanye agar produk kita dilihat banyak orang dan tentunya bisa dibeli banyak orang . Karena dropshipper hanya mendapatkan uang ketika ada pembeli yang melakukan pembelian , jadi promosi yang efektif dan tertarget merupakan hal krusial untuk usaha rumahan bisnis dropship .
Gunakanlah berbagai macam media gratis untuk anda pakai dalam melakukan promosi , seperti di facebook , twitter , BBM , membuat toko online sendiri , menjalin kerjasama dengan situs e-commerce , membuat lapak di forum jual beli dan masih banyak lagi . Yang terpenting adalah lakukan promosi secara berkelanjutan tanpa pantang menyerah agar semakin banyak orang yang mengenal produk anda .
Nah , itulah sekilas bisnis dropship , apapun jenisnya bisnis yang nantinya ingin anda jalankan tetap berpegang teguh pada konsistensi dan pantang menyerah . Karena pada hakikat bisnis itu laksana kita terjun ke medan perang , hanya ada dua kemungkinan yang bisa kita raih yakni menang atau kalah .